CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 19 Agustus 2013

fungsi ginjal pada manusia

Fungsi Ginjal Pada Manusia



Fungsi ginjal sangat berperan dalam tubuh manusia. Organ bentuknya mirip dengan kacang ini merupakan organ ekskresi pada vertebrata. Fungsinya sebagai penyaring kotoran yang dibuang melalui urin. Ginjal terletak di daerah perut yang berada di belakang. Jika dilihat dari tulang belakang maka berada pada sisi kiri dan kanan. Aliran renalis merupakan aliran darah pada ginjal, bagian-bagian ginjal antara lain bernama korteks yang ada diluar ginjal dan medulla pada bagian dalam ginjal.
fungsi-ginjal-pada-manusiaFungsi ginjal sangat banyak dan penting untuk dipelajari.
1. Pertama fungsi ginjal menjadi tempat penyaringan membersihkan darah. Nefron yang menjadi bagian pada ginjal yang gunanya menjalankan fungsi ginjal sebagai penyaring darah. Tujuan dari bagian ini adalah memilah darah yang baik untuk disalurkan pada seluruh tubuh dan membuang racun yang dalam organ tubuh. Jika fungsi ini tidak berjalan dengan baik maka penyakit mudah masuk dan segala virus bahkan bakteri yang ada dalam darah tersalurkan di dalam tubuh, akibatnya orang tersebut bisa meninggal dalam waktu yang singkat.
2. Pengatur jumlah volume darah. Keseimbangan volume di dalam darah dilakukan oleh ginjal, hal ini bertujuan agar darah yang mengalir dapat dikontrol banyaknya, karena jika kekurangan darah maka mengakibatkan tubuh menjadi lemah, sedangkan jika jumlah darah terlalu banyak maka tubuh tidak kuat menampung banyaknya darah yang tidak bisa tersalurkan.
3. Penyaringan glukosa, dan beberapa gizi serta zat di dalam tubuh. Fungsi lain dari ginjal ini dapat mempertahankan zat yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh bersama darah. Dan mengalirkannya lagi ke seluruh peredaran darah. Pengatur zat yang diseimbangkan ini dapat membantu dalam mengurangi jumlah zat yang berlebihan.
4. Sebagai pengatur keseimbangan kimia darah. Garam yang berfungsi mengikat air dan jika kelebihan gula darah maka berakibat sangat fatal karena tumpukan cairan yang berlebihan dapat membuat anggota tubuh membengkak. Selain itu kalium darah yang berkurang dapat diserap oleh ginjal sedangkan jika terlalu banyak kalium maka ginjal akan membuangnya,
5. Fungsi ginjal selanjutnya ialah menjaga pH darah supaya tidak begitu asam.
Ada banyak sekali fungsi ginjal yang perlu diketahui seperti penghasil hormone yang dapat merangsang pembentuk hemoglobin oleh tulang sumsum.

Pencarian:

fungsi ginjal - fungsi ginjal pada manusia - fungsi-fungsi ginjal - pungsi ginjal - fungsi lain ginjal - funsi ginjal - fungsi ginjal manusia - fungsi bagian ginjal manusia - fungsi pada ginjal - Fungsi ginjal selain menyaring darah - fungsi ginjal? - fungsi fungsi ginjal - fugsi ginjal - ginjal pada manusia - ginjal dan fungsinya - fungsi ginjal adalah - bagian bagian ginjal dan fungsinya - fungsi fungsi ginjal pada manusia - fungsi bagian bagian ginjal - ginjal manusia dan fungsinya - fungsi bagian bagian pada ginjal - fungsi lain dari ginjal - fungsi nefron pada ginjal manusia - fungsi gijal - fungsi fungsi pada ginjal - fungsi - fungsi ginjal - fungsiginjal - fungsinya ginjal - ciri ciri ginjal pada manusia - apa fungsi ginjal - fungsi-funsi ginjal - jkt45 com/fungsi ginjal - organ organ ginjal beserta fungsi - organ-organ dalam ginjal dan fungsinya - penjelasan bagian bagian organ pda ginjal - fungsi ginjsl - Pungsi ginjal pada manusia - fungsi ginjal] - fungsi bagian-bagian organ ginjal - fungsi ginjal pd manusia - Sebutkan fungsi ginjal selain menyaring darah - fungsi ginjal pada tubuh - organ-organ pada ginjal dan fungsinya - ginjal manusia besrta fungsinya - bagian-bagian dan fungsi ginjal - fungsi-fungsi organ pada ginjal - funsiginjal - gambar dan fungsi ginjal manusia - gambar ginjal dengan pembuluh dan urine - fungsi-fungsi bagian dalam ginjal - fungsi tabulasi pada ginjal - gambar organ tubuh manusia bagian dalam - gambar dan bagian bagian ginjal - ginjal dan fungsi dalam tubuh - fungsi organ pada ginjal - fungsi organ ekskresi ginjal pada manusia - fungsi medula pada ginjal manusia - seluruh pengertian ginjal pada manusia - fungsi ginjal pada ginjal - bagian-bagian ginjal manusia dan fungsinya - ciri ciri ginjal dan fungsinya - ciri-ciri ginjal manusia - ciri-ciri ginjal pada manusia - ciri-ciri organ tubuh ginjal - ekskresi pada manusia fungsi ginjal - Fangsi ginjal - fingsi ginjal - bagian-bagian ginjal manusia - bagian-bagian dari ginjal dan fungsinya - anggota tubuh ginjal - Apa fungsi ginjal bagi manusia - apa fungsi ginjal pada manusia - apa fungsi lain dari ginjal selain menyaring darah - bagian bagian ginjal beserta fungsinya - bagian bagian ginjal manusia dan fungsinya - bagian bagian ginjal pada manusia - bagian dan fungsi ginjal - 3 fungsi ginjal pd manusia yang plng penting - Fumgsi ginjal - fungsi fungsi bagian pada ginjal - fungsi fungsi pada bagian dalam ginjal manusia - Fungsi ginal - fungsi ginjal ? - fungsi ginjal antara lain - fungsi ginjal bagi manusia - fungsi ginjal dalam organ tubuh manusia - fungsi ginjal dalam tubuh manusia - fungsi dari ginjal - fungsi dan ciri-ciri ginjal - fungdi ginjal - fungi ginjal - fungs ginjal - fungsi bagian bagian ginjal manusia - fungsi bagian bagian pada ginjal manusia - fungsi bagian ginjal - fungsi bagian pada ginjal - Fungsi bagian-bagian pd ginjal yg lengkap - alat ekskresi pada manusia dan fungsinya -

0 komentar:

Posting Komentar