CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 02 Agustus 2013

MAKALAH

BAB I PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genus Actinidia. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Cina.
Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ). Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.
Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian kiwi. Nama buah ini berasal dari kiwi — burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru.
KHASIAT

Mengandung Antioksidan 

Dr. Marlyn Glenville, mantan Presiden Food and Health Forum (Bahasa Indonesia: Forum Kesehatan dan Makanan), mengatakan bahwa kulit buah kiwi yang berambut mengandung antioksidan yang tinggi. Kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada dagingnya. Manfaat dari kandungan antioksidan yang tingi, antara lain:
·         antikanker;
·         antiperadangan;
·         antialergen;
·         melawan bakteri: Staphylococcus dan E-coli, yang membuat manusia keracunan makanan.

Obat Hipertensi 

Dalam pertemuan American Heart Association (Bahasa Indonesia: Asosiasi Jantung Amerika) di Orlando, Amerika Serikat, dipublikasikan hasil penelitian tentang khasiat buah kiwi yang dapat dengan efektif menurunkan hipertensi. Penelitian yang dilakukan oleh Mette Svendsen dari Universitas Rumah Sakit Oslo (Bahasa Inggris: Oslo University Hospital), Norwegia, menyebutkan konsumsi kiwi tiga kali dalam sehari cukup efektif menurunkan hipertensi. Penelitian tersebut dilakukan selama 8 minggu terhadap 118 orang berusia 55 tahun dan menderita hipertensi sedang. Para responden dibagi ke dalam dua kelompok, pertama adalah yang mengonsumsi tiga buah kiwi setiap hari dan sisanya mengonsumsi makanan yang mengandung apel satu kali dalam sehari. Setelah 8 minggu, para peneliti menemukan nilai tekanan sistolik (angka tekanan darah sebelah atas) para partisipan lebih rendah 3,6 milimeter dibanding dengan partisipan yang mengonsumsi apel. Walau kelompok pemakan kiwi memiliki tekanan darah lebih rendah, namun para peneliti belum mengetahui apakah penyebab utamanya. Hal ini baru bisa dikonfirmasi dengan penelitian yang lebih luas.

Kandungan penting buah kiwi 

Dalam buah kiwi terdapat ion potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Rumusan masalah :
1.      Apakah yang dimaksud dengan kandungan ion potasium dalam buah kiwi ?
2.      Bagaimana caranya jika ion potasium yang terkandung dalam buah kiwi dapat menjadi larutan elektrolit?
Tujuan penulisan :
Penulisan ini bertujuan agar kita sebagai generasi muda dapat menggembangkan benda-benda disekitar lingkungan menjadi suatu hal yang berharga, bahkan dapat menciptakan teknologi yang ramah lingkungan dan kebanyakan orang disekeliling beranggapan bahwa buah kiwi memiliki manfaat dalam bidang kesehatan. Saya ingin membuat buah kiwi bermanfaat selain dalam bidang kesehatan.
Manfaat penulisan :
Penulisan ini bermanfaat sebagai suatu tindakkan menciptakan penemuan lain dari batrai atau larutan yang dapat menjadi aliran listrik. Menambah wawasan mengenai benda yang terdapat disekeliling kita.

 BAB II METODE PENELITIAN
Heuristik : Tahap Mencari Sumber

·         Sumber Primer
      Saya pernah mencicipi buah kiwi yang rasanya lumayan asam. Dan saya berniat untuk menjadikan buah tersebut sebagai bahan penelitian saya. Mungkin saja rasa asamnya buah kiwi dapat digunakan sebagai larutan elektrolit yang dapat menghatarkan listrik.

·         Sumber Sekunder
      Sumber sekunder yang saya dapatkan yaitu dari pelajaran kimia yang mengatakan bahwa larutan yang terdapat  (Natrium Clorida) atau yang dikenal sebagai garam dapur dapat menghatrakan listrik atau dapat menjadi larutan elektrolit.


·         Sumber Tulisan
      Sumber ini saya dapatkan dari internet sebagai media pendukung penelitian, serta referensi lainya untuk menambah pengetahuan saya dalam penelitian ini.

Verifikasi : Menguji Kebenaran atau Fakta

·         Internal
Ion potasium atau juga disebut sebagai kalium. Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19.Kalium berbentuk logam lunak berwarna putih keperakan dan termasuk golongan alkali tanah. Secara alami, kalium ditemukan sebagai senyawa dengan unsur lain dalam air laut atau mineral lainnya. Kalium teroksidasi dengan sangat cepat dengan udara, sangat reaktif terutama dalam air, dan secara kimiawi memiliki sifat yang mirip dengan natrium.
·         Ekstenal
      Ion potasium ini biasanya digunakan banyak orang sebagai obat-obatan. Ion potasium ini memiliki beberapa manfaat dalam makhluk hidup, diantaranya :
  • Membentuk dan mengangkut karbohidrat
  • Sebagai katalisator dalam pembentukan protein
  • Mengatur kegiatan berbagai unsur mineral
  • Menetralkan reaksi dalam sel terutama dari asam organik
  • Menaikan pertumbuhan jaringan meristem
  • Mengatur pergerakan stomataMemperkuat tegaknya batang sehingga tanaman tidak mudah roboh
  • Mengaktifkan enzim baik langsung maupun tidak langsung
  • Meningkatkan kadar karbohidrat dan gula dalam buah
  • Membuat biji tanaman menjadi lebih berisi dan padat
  • Meningkatkan kualitas buah karena bentuk, kadar, dan warna yang lebih baik
  • Membuat tanaman menjadi lebih tahan terhadap hama dan penyakit
  • Membantu perkembangan akar tanaman.

BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Membuat batrai basah menggunakan air dari larutan buah kiwi untuk menggatikan larutan elektrolit.
Alat dan bahan :
Alat :
1.      Gelas yang terbuat dari plastik atau kaca melamin (tidak boleh logam)
2.      Lempengan seng
3.      Lempengan tembaga
4.      Kabel
5.      Bola lampu kecil (1,5 Volt)
6.      Penjepit
Bahan :
1.      Air larutan buah kiwi
Cara kerja :
1.      Masukan air larutan buah kiwi kedalam gelas yang terbuat dari plastik atau kaca melamin
2.      Lalu ambil lempengan tembaga serta lempengan seng dan hubungkan salah satu ujung masing-masing lempengan tersebut dengan kabel listrik mnggunakan penjepit. Seperti gambar :
3.      Setelah itu, ujung kabel listrik yang masih bebas hubungkan ke sebuah bola lampu yang bervoltase kecil (kalau bisa yang 1.5 volt). Seperti gambar :

4.      Terakhir masukan lempengan logam kedalam gelas yang telah diisi air larutan buah kiwi. Seperti gambar :


Hipotesis :
1.      Ion potasium ialah senyawa dengan unsur lain dalam air laut atau mineral lainnya dan memiliki sifat yang mirip dengan natrium
2.      Dengan cara penelitian membuat batrai basah dari air larutan buah kiwi.





BAB IV PENUTUP
Kesimpulan :
Buah kiwi selain mempunyai banyak manfaat didalam bidang kesehatan, buah ini juga mengandung ion potasium yang bisa membuat larutan elektrolit (larutan yang dapat menghatarkan listrik).
SARAN :
Sebaiknya buah kiwi dikembanbiakan atau dibudidayakan, karena buah kiwi termasuk buah yang kaya akan manfaat.



BAB V REFERENSI
DAFTAR PUSTAKA


0 komentar:

Posting Komentar