CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 18 Agustus 2013

PERADABAN KUNO


Amerika Peradaban Kuno Amerika ada 3, yaitu :
1.Kebudayaan Suku Inca
2.Kebudayaan Suku Maya
3. Peradaban Kuno Aztec.

A. Kebudayaan Suku Inca 
A.1. Letak Geografis
 . Pemerintah Inca terletak di Peru tepatnya disekitar danu Titicaca dekat pegunungan Andes.Pendirinya adalah Manco-Copac tahun 500 M.
 . Wilayah Kekuasaannya: Bolivia, Chili, Brazilia dan Equador terjadi pada masa Raja Sinci Roca 1105 M, yang merupakan pemersatu bangsa Indian . Tiap wilayah diberi hak otonomi yang disebut Ayllu. 
A.2. Pertanian 
Penduduknya telah mengenal sistem irigasi dan memiliki kemampuan bekerja sama sehingga pertaniannya mengalami kemajuan.
 A.3. Kepercayaan 
Percaya pada dewa-dewa. Dewa yang disembah adalah Dewa Viracocha (Dewa Pencipta alam), Dewa Matahari, Dewa Bulan, Dewa Bumi dan Dewa Laut.
a.    Hasil kebudayaan Suku Inca 
Hasil kebudayaan Suku Inca adalah: 
• Bangunan-bangunan Istana Megah terbuat dari batu-batu besar dan batu karang. 
• Mayat suku Inca biasanya diawetkan (mummi). 




B. Kebudayaan Maya 
B.1. Letak Geografis Kerajaan Maya
terletak di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Wilayah Kerajaan Maya meliputi Semenanjung Yukatan (Meksiko), Honduras, dan Guatemala. Pusat peradabannya di Semenanjung Yukatan. B.2.Pertanian Suku Maya telah mengenal sistem irigasi kanal. Mereka membangun kebun Chinampa di pulau-pulau buatan yang subur atau di danau-danau yang dangkal di lembah Meksiko. Tanaman pokoknya adalah jagung. 
B.3. Ilmu Astronomi Suku Maya
telah mengenal dua sistem kalender, yaitu: 
• Sistem Kalender berdasarkan peredaran matahari, 1 tahun = 365 hari 
• Sistem Kalender berdasarkan kepercayaan, 1 tahun = 260 hari B.5. Hasil Kebudayaan Hasil kebudayaan Suku Maya adalah:  Mampu membangun kota terbesar di dunia, kota Theotihuakan yang dihuni 100.000 penduduk.v  Tikal, situs tertua di dunia yang berbentuk piramida bersisi terjal.v  Kota dongeng Machu Picchu bertengger mengakangi gunung yang sempit, menjulang di ketinggian 600 m di atas lembah sungai Urubamba.v 

B.4.Kepercayaan Kepercayaan suku Maya
memuja banyak dewa (politheisme), seperti Dewa laut, Dewa Matahari, Dewa Hujan, Dewa Musim Semi. Mereka juga mengenal upacara pemujaan yang mengorbankan nyawa manusia. Karena mereka percaya matahari harus makan jantung dan darah manusia untuk menentukan kelangsungan hidup dunia. 
C. Kebudayaan Aztec 
C.1. PemerintahanKerajaaan Aztec
berdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M. Pemerintah Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol, dengan raja terakhirnya Monte Zuma II. Pusat kerajaan Aztec di daerah semenanjung Yukatan. 
C.2. Kepercayaan Kepercayaan suku Aztec
mengorbankan nyawa manusia saat pemujaan merupakan warisan dari suku Toltek. Meskipun begitu, suku Aztec meneruskan pemujaan sendiri yaitu Huiyzilopochtti, dewa yang memeperhatikan peruntungan politik Tenochtitlan. Tidak seperti suku Toltek yang mengagungkan dewa Tezkatlipoka. 
C.3. Hasil Kebudayaan suku AztecHasil
Kebudayaan suku Aztec adalah: 
• kuil berbentuk piramida yang tengahnya berlubang untuk memasukan kurban (emas dan perak) 
• Konsep kepercayaannya menyembah dewa-dewa 
• Ditemukan patung di kota Vera Cruz, yang beratnya 30 ton sebagai perwujudan dewa utama yang disucikan 
• Mampu mengusahakan tambang emas dan perak 
• Suku Aztec tiap 52 tahun sekali mengadakan upacara besar-besaran yang dipusatkan di Hall of the Star, ibukota kerajaan Aztec.

Pertanian kerajaan aztek dan maya
Pertanian Suku Maya telah mengenal sistem irigasi kanal. Mereka membangun kebun Chinampa di pulau-pulau buatan yang subur atau di danau-danau yang dangkal di lembah Meksiko. Tanaman pokoknya adalah jagung


0 komentar:

Posting Komentar