CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 20 Agustus 2013

SOAL SEJARAH DAN ASAL USUL KOTA PALEMBANG


1.    Mengapa pada zaman dahulu  kerajaan sriwijaya dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar di nusantara ?
Karena kehebatannya banyak orang dari berbagai penjuru dunia datang ke sriwijaya, di antaranya dari wilayah timur tengah, india, dan cina.
2.   pada zaman itu sungai musi lebih dikenal dengan sebutan ?
 Sungai melayu
3.     Di bagian hulu daerah Lembang terdapat sebuah daratan tinggi yang indah. Daratan yang menyerupai bukit (Gunung Kecil) ini bernama apa dan mengapa kaum agamawan dari India kemudian membuat pusat pendidikan keagamawan serta ilmu pengetahuan umum?
Namanya ialah Bukit Seguntang Mahameru. Karena keindahan tempat ini, kaum agamawan dari India kemudian membuat pusat pendidikan keagamawan serta ilmu pengetahuan umum. Pusat pendidikan ini kemudian dibangun di kaki lembah Bukit Seguntang Mahameru dengan nama Syakyakirti.
4.   a. Kenapa bisa putra mahkota dari Raja Iskandar Zulkarnain di Timur Tengah terdampar tidak jauh dari Bukit Seguntang Mahameru?
karena kapal yang mereka naiki karam.
b. Siapa nama putri yang tinggal di bukit tersebut ?
Yaitu bernama Putri Ayu Sundari.
c. Lalu apa yang terjadi pada mereka ?
Akhirnya mereka menikah.

5.    Apa asal mula nama Palembang ?
Masa pemerintahan Adipati Pai Lian Bang tampaknya dikenal ke berbagai wilayah, termasuk para pendatang dari berbagai negeri. Tidak mengherankan, dalam perjalanan, saat para pendatang itu bertegur sapa, mereka selalu mengatakan akan ke Pa Lembang, yaitu suatu pusat kota di Sriwijaya. Pa dalam Bahasa Melayu kuno berarti "suatu tempat atau daerah". Lama-kelamaan orang melafalkan Pa Lembang menjadi Palembang. Namun, ada juga orang yang mengatakan akan ke negerinya Pai Lian Bang. Nama adipati ini pun kemudian dilafalkan secara cepat sehingga lama-kelamaan terucap nama Palembang.


0 komentar:

Posting Komentar