CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 25 Agustus 2013

Bukit Siguntang Persemayaman Raja-raja Sriwijaya

  

B
ukit Siguntang adalah nama sebuah tempat wisata di kota Palembang yang berbentuk perbukitan makam raja Kerajaan Sriwijaya. Di dalamnya terdapat tujuh makam tokoh-tokoh pada masa kerajaan Sriwijaya yang dianggap keramat, seperti: makam Raja Si Gentar Alam, makam Panglima Bagus Kuning, makam Panglima Bagus Karang, makam Putri Rambut Selako, makam Putri Kembang Dadar, makam Panglima Batu Api, dan makam Tuan Junjungan. 

Konon Bukit Siguntang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir raja Si Gentar Alam, salah satu raja kerajaan Sriwijaya yang berasal dari Mataram Kuno. Sebelum menjadi sebuah bukit, Siguntang diperkiraakan sebagai bagian daratan yang ada di Limbang Tanah Melayu, nama kota Palembang pada masa itu. Namun karena peristiwa alam, banyak daratan yang tertutup oleh air sehingga terbentuklah banyak kepulauan dan pegunungan di bawah laut dan samudra. 

Tanah yang dulunya berada di permukaan air tersebut lama kelamaan menonjol karena perairan yang kian menyurut hingga membentuk pegunungan dan perbukitan. Begitu pula Bukit Siguntang yang hingga saat ini membentuk bukit kecil di kota Palembang dan terkenal sebagai tempat wisata Taman Bukit Siguntang. Selain dapat melihat makam-makam piranti kerajaan Sriwijaya yang pernah jaya, pengunjung juga dapat mempelajari sejarah Sriwijaya melalui pengamatan relif-relif yang ada di sekitar makam Raja Si Gentar Alam atau cerita-cerita dari juru kuncinya. 

Sumber : http://fotokita.net/cerita/130069129200_0019449/bukit-siguntang-persemayaman-raja-raja-sriwijaya



0 komentar:

Posting Komentar